Tinggalkan komentar

Syair Hikmah: Target Hidup yang “Paa…aa..aaling” Tinggi

لِكُلِّ بَنِي الدُّنْيَا مُرَادٌ وَمَقْصَدُ          وَإنَّ مُرَادِيْ صِحَّةٌ وَفَرَاغُ

“Bagi setiap anak-anak dunia ada keinginan dan tujuan … Adapun tujuanku, sekedar bisa (selalu) sehat dan memiliki waktu luang.”

لِأَبْلُغَ فِيْ عِلْمِ الشَّرِيْعَةِ مَبْلَغًا               يَكُوْنُ بِهِ لِيْ لِلْجِنَانِ بَـلاَغُ

“Agar aku bisa mencapai satu tingkatan (yang tinggi) dalam ilmu syari’at … yang dengannya aku menggapai suatu tingkatan di surga.”

وَفِيْ مِثْلِ هَذَا فَلْيُنَافِسْ أُوْلُو النُّهَى          وَحَسْبِيْ مِنَ الدُّنْيَا الْغَرُوْرِ بَلاَغُ

“Pada tujuan yang seperti inilah, hendaknya orang-orang yang berakal cemerlang berlomba-lomba … Cukuplah (apa yang telah aku raih dari) pencapaianku di dunia yang menipu ini, (aku tidak berhasrat lebih, yang ada sudah cukup).

فَمَا الْفَوْزُ إلاَّ فِيْ نَعِيْمٍ مُؤَبَّدٍ           بِهِ الْعَيْنُ رَغْدٌ وَالشَّرَابُ يُسَاغُ

“Tidak ada kejayaan, kecuali di surga yang kekal … Di mana mata akan dimanjakan dalam kemewahan, dan minuman (kenikmatan) akan dituang.”

(نقل من “علو الهمة” ص. 146، للشيخ محمد إسماعيل المقدم)

Catatan:

Saya tidak tahu siapa yang menulis syair indah yang sangat inspiratif dan motifatif ini. Saya menukilnya saat membaca kitab berjudul “’Uluwwul Himmah” hal. 146, Cet. Daarul Aiman – Iskandariyah, karya Muhammad Isma’il al-Muqaddam.

***

Lombok, 04 Muharram 1434 – 18/11/2012

Jo Saputra Halim (Abu Ziyan)

Tinggalkan Balasan

