Tinggalkan komentar

Ru’yah Hilal Dengan Teleskop: Bid’ahkah..?? Tunggu Dulu..!!

Jadi teringat. Dulu, di antara ahlussunnah khususnya thullâbul ‘ilmi (penuntut ilmu syar’i), banyak yang kekeh menganggap penggunaan alat bantu ru’yatul hilâl semacam teropong dan teleskop adalah satu di antara kebid’ahan era kontemporer dalam metode penetapan awal-akhir puasa. Sejatinya ini adalah masalah ijtihadiyyah yang tidak selayaknya kaum muslimin gontok-gontokan karenanya.

Sekalipun saya condong pada pendapat cukupnya melihat hilal dengan mata telanjang berdasarkan zhahir nash hadits Rasulullâh shallallâhu ‘alaihi wa sallam, namun untuk mengatakan metode pengamatan teropong atau teleskop sebagai bentuk kebid’ahan, agaknya harus dipikir-pikir dulu. Pasalnya sebagian ulama ahlussunnah menganggap itu boleh-boleh saja.

Berikut ini saya nukilkan fatwa al-Imâm Ibnu Bâz rahimahullâh tentang masalah ini:

Dalil-dalil syar’i dari sisi tekstualnya, menunjukkan tidak diperlukannya membebani diri untuk memantau hilal dengan alat bantu. Bahkan pantauan dengan mata telanjang sudah cukup (jika terhalang oleh awan atau kabut, maka sempurnakan Sya’bân 30 hari. Sudah, itu saja, selesai masalah-pent). Namun bagi seorang muslim yang adil jika melakukan pemantauan hilal dengan alat-alat bantu tersebut, kemudian memastikan terlihatnya hilal dengan alat-alat tersebut setelah terbenamnya matahari, maka saya melihat tidak adanya masalah dalam pengamalan hasil ru’yat tersebut. Karena, pemantauan dengan alat-alat tersebut masih tergolong melihat dengan mata, bukan dengan metode hisab. [Majmû’ Fatâwa wa Maqâlât al-Mutanawwi’ah: 15/68, 69]

***

Lombok, 20 Rajab 1434 / 30052013

Jo Saputra Halim (Abu Ziyân)

 

Teks Fatwa Imâm Ibnu Bâz rahimahullâh[1]:

ظاهر الأدلة الشرعية عدم تكليف الناس بالتماس الهلال بهذه الآلات بل تكفي رؤية العين . ولكن من طالع الهلال بها وجزم بأنه رآه بواسطتها بعد غروب الشمس وهو مسلم عدل فلا أعلم مانعاً من العمل برؤيته الهلال، لأنها من رؤية العين لا من الحساب” انتهى.

فضيلة الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله. *مجموع فتاوى ومقالات متنوعة (15/68، 69)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: